Wednesday, June 13, 2012

Berlibur sambil medical check up di Penang


Bagi saya dan warga Medan lainnya liburan sambil melakukan medical check up di Penang adalah hal yang lumrah.Sama seperti warga Jakarta rame-rame berobat atau jalan-jalan ke Singapura. Warga Medan banyak lebih memilih berobat kesana karena selain perjalanan yang cukup singkat hanya memakan waktu 45 menit dengan pesawat dengan harga tiket yang relative terjangkau  sekitar 600.000-800.000 rupiah pulang-pergi per orangnya dan masuk ke Negara ini tidak memerlukan Visa.  Berobat ataupun sekedar cek-up tidak bertele-tele, lebih lengkap, teliti  dan biaya relatif lebih murah dibandingkan dengan biaya di Indonesia. Pengalaman pribadi saya adalah ketika Ayah saya hendak melalukan operasi bypass, di salah satu rumah sakit di Jakarta biaya sudah ditaksir sekitar 150 juta belum jika ada biaya tambahan lainnya. sementara itu ketika ayah saya coba berobat ke Salah satu rumah sakit di Penang sudah ada paketnya untuk melakukan operasi dan kami hanya terkena biaya sekitar 75 juta rupiah sudah semuanya. Lumayan untuk perbandingan harganya. Beberapa Rumah sakit yang sering di kunjungi warga Negara Indonesia di Penang adalah Penang Adventist Hospital, Island Hospital dan Lam Wah Ee Hospital. Tidak perlu takut untuk kendala bahasa, di rumah sakit disana sekarang banyak menyediakan Customer Service khusus untuk warga Negara Indonesia dan mereka sangat membantu. Mulai dari administrasi bahkan sampai pengurusan tiket pulang ke Indonesia.

Dan untuk masalah penginapan selama kita melakukan perjalanan liburan ataupun cek-up dikota ini, tidak perlu takut mahal seperti halnya biaya hotel. Ada beberapa warga disana menyediakan apartemen ataupun rumah buat  disewakan bagi mereka yang hendak berlibur atau berobat. Kalau untuk waktu yang lama saya lebih menganjurkan  untuk menginap di Apartemen/Rumah Sewa (hostel) tarifnya berkisar RM50-RM70/room, dan satu ruangan boleh sampai 4-5 orang, tergantung besar dan kecilnya kamar. Di hostel ini kita boleh kok memasak, mencuci pakaian sendiri. Dari pengalaman pribadi saya, tinggal di rumah sewa ini saya memiliki banyak kenalan sesame warga Negara Indonesia. Dan Jika ingin menginap di Hotel ada beberapa hotel yang tarifnya  murah seperti Berjaya Hotel di depan RS Adventist penang.

Kalau untuk makanan, karena umumnya Negara kita tidak banyak berbeda dengan Negara Malaysia, begitupun dengan makanannya.  Di Sekitar Berjaya Hotel ada restoran Indonesia yang menjual makanan Indonesia asli dan yang menjual pun warga Negara Indonesia yang telah lama tinggal disana. Dan juga disana banyak penjual nasi Kandar yang penjualnya orang India tapi muslim dan dijamin halal. Atau berjalan ke Gurney di sepanjang jalan daerah Gurney banyak restoran yang halal ataupun non halal.

Setelah Cek kesehatan tuntas dan kelar, saatnya kita menikmati wisata di kota penang. Banyak tempat wisata yang bisa kita kunjungi disana dan tidak mengeluarkan biaya banyak. Melakukan perjalanan wisata di kota penang sangat mudah, Jika tidak ingin repot-repot naik bus keliling kota penang dan takut nyasar, kita bisa menggunakan jasa para supir taksi disana. Mereka umumnya mau menjadi pemandu wisata disana, tarifnya variattif tergantung tempat wisata yang kita kunjungi sekitar 60-150 ringgit perhari. Beberapa tempat wisata di Penang adalah
-          Penang Hill (Bukit Bendera)
Terletak di daerah air hitam untuk melihat keindahan kota penang dari atas, untuk mencapai tempat ini menggunakan kereta seperti kereta api tapi gerbongnya hanya 1, dikenakan biaya sekitar Rm 30.
-          Kek Lo Si Temple
Merupakan kuil budhis terbesar di Penang, bahkan konon Asia Tenggara. Letaknya pun di bukit dan terlihat dari jalanan sekitar daerah Air Itam. Dari sini pengunjung dapat melihat patung Dewi kwam Im di puncak teratas  bisa di tempuh dengan jalan kaki atau bayar Rm 2 dengan naik lift.
-          Penang Butterfly Farm dan  Botanical Garden
Terdapat sekitar 4000 jenis kupu-kupu berbagai warna dan jenis ada juga yang langka. Untuk masuk ke Penang Butterfly farm dikenakan biaya sekitar Rm 27 untuk orang dewasa.
Botanical garden juga dikenal dengan taman air terjun karena terletak Jalan Air Terjun (Air Terjun Road) ddaerah George Town di Pulau Penang, Malaysia. Di taman ini Anda bisa berjalan santai sambil mengambil gambar dari berbagai jenis tanaman dan pohon yang ada di daerah
-          Burmese Temple dan Thailand Temple
Kuil Burma adalah salah satu kuil lainnya yang terkenal di Penang, di Kuil ini terdapat patung Budha yang sangat besar. Dan terdapat beberapa patung Budha dari  berbagai Negara.
Di Kuil Thailand kita akan menjumpai Sleeping Budha yang sangat besar dan di dinding-dinding nya  terdapat tulisan nama-nama donor kuil tersebut. Disini bukan versi Budha berdasar Negara yang  ada , tetapi patung Budha berdasar Tahun China dan berdasar hari.
-          Kota Tua Georgetown
Kota tua Georgetown masuk kedalam heritage site-nya Unesco, di kota ini terdapat beberapa bangunan warisan jaman kolonial ada kuil cina dan india, gereja dan mesjid yang jaraknya tidak jauh satu sama lain. Tak lengkap rasanya jika sudah di tempat ini jika tidak mencoba ais kacang dan Char Wee Tiaw yang enak
-          Pantai Batu Feringgi
Tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke pantai ini, seperti halnya pantai lain yang ada di Indonesia, disini  kita bisa berenang, bermain paralayan, banana boat dsb. Terletak di daerah Teluk Bahang dan Tanjung Bungah.Pada malam hari disepanjang jalan di batu feringgi terdapat banyak pedagang yang menjual berbagai jenis dagangan dan souvenir. 

Untuk shopping centre nya  jika ingin berbelanja oleh-oleh atau pun barang-barang berbagai brand kita bisa berkunjung ke daerah KOMTAR, Queensbay  dan Gurney, terdapat beberapa shopping Mall disana.
Oh iya,  hati-hati dengan bawaan kita misal uang, perhiasan, dan benda penting lainnya karena di kota ini juga ada pencopet loh, apalagi di daerah sekitar pantai dekat gurney plaza.

14 comments:

Nola said...

hi mb.. Kalo biaya untuk medical checkup di adventist brp?

blueberrycupcake said...

Halo mba nola..buat biaya di pah.medical check up itu variatif mba..klocm med check biasa..include lab, treadmill, dan biaya dokter sekitar rm 600-1000.

Muliadi said...

Haloo blueberry apakah ada rekomendasi rumah sakit dan dokter untuk sakit lambung kronis ?? dan klo boleh sekalian apartemen yg berada di dekatnya ya. Terima kasih

blueberrycupccake said...

Hi Pak Muliadi

untuk lambung kronis bisa di RS Penang Adventist dengan Dr Teoh Kum Faut atau di Island hospital. untuk apartemen bisa coba hub in ke Mr.Ali : 001 164 920 666
Mrs Tang Lee Ping: 001 165 636 793. atau bisa juga menghubungi bagian indonesia customer care di Lobi RS..mereka akan sgt membantu untuk mencarikan penginapan.

serly said...

Siang mbak Christin, saya mahasiswi Indonesia yang sedang mencari data2 tentang Indonesian medical tourist di Malaysia. Mbak Christin boleh ga berbagi pengalamannya melalui tefefon? Terima kasih sebelumnya :)

blueberrycupccake said...

hi mba Serly, boleh mba tapi via email or ym aja mau ga?? lemme know yah ntar aku PM aja alamat email or ymnya//:)

Lina said...

Siang mbak christin
saya lg planning mau bawa orang tua ke adventist hospital
bole minta ID YM nya ga mbak, saya mau sedikit tanya2
thanks

Christin Purba said...

Mba lina dan mba sherly boleh ym saya aja yah di tinacantiq@yahoo.com

Anonymous said...

hi,..bs tlg bantu sy daftar nama semua rs di penang dan perwakilannya d jakarta, mau operasi tumor pydara sekalian medical check up,sdh tny d sini biayanya sktr 50jtaan bs lebih blm trmsk obat dll, ktnya d penang mgkn 1/3 nya, jd bs menghemat pengeluaran, thx semuanya

darwan said...

pagi boto...sy rencana mau bawa mertua medical check up ke penang dalam waktu dekat ini .menurut boto kira-kira ke rs mana ya adventist atau glenegles,bisa dikasih imformasi klu biaya di glenegles.thanks ya boto....

Anonymous said...

Salam kenal,

Saya Septi dari SingMedic, kantor perwakilan resmi dari mitra-mitra rumah sakit di 3 negara yakni Singapura, Malaysia, dan Korea Selatan. Kami sudah berdiri sejak tahun 2007 dan memiliki kantor di Bandung dan Jakarta. Jika ingin mengetahui secara lengkap info mengenai RS dan dokter yang paling tepat, info mengenai estimasi biaya, atau ingin dibuatkan janji konsultasi, silakan menghubungi SingMedic Jakarta di 021 3410 1000 / hotline 0813 2025 2525 (email: jakarta@singmedic.com; pin BB: 220226A1).
SingMedic adalah kantor perwakilan resmi, jadi teman-teman tidak perlu khawatir, semua layanan kami gratis dan tidak ada biaya tersembunyi.

Semoga informasi ini bermanfaat.
Best regards
Septi SingMedic

Unknown said...

Hai mba, salam kenal:) ada contact untuk short term apartmn yg reccomend kah? Saya berencana ke penang dlm waktu dekat.. Makasih :)

Unknown said...

dear blueberry,

mau nanya, apakah ada cp untuk apartement/ hostel di sekitaran Pantai Hospital Penang ? karena desember ini kami berencana ke penang untuk berobat istri. terima kasih.

Danang sefdyanto said...

Selamat Pagi, perkenalkan kami perwakilan Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
2. informasi fasilitas & kesehatan
3. Book dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi dengan Company Rate kami ( sehingga lebih murah )
3. Second opinion langsung dari Dokter kami.
Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami....
Surabaya Representative Office
Mahkota Medical Centre
Jl. Barata Jaya XIX / 31C
Surabaya 60131 - Indonesia.
WA : +6281 331777697
Line : +6281 4026 2166
Phone : +6283 8300 28050
Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
Fb : https://www.facebook.com/mmc.surabaya
http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

Regard
Danang Sefdyanto